Rabu, 24 Februari 2010

jawaban-dari-sistem-interaktif

Sistem Interaktif memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaktif harus dapat didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu sistem aplikasi.

* Dua pertanyaan (masalah) tentang pendayagu-naan (usability) sistem interaktif :

1.Bagaimana suatu sistem interaktif dibuat/ dibangun supaya mempunyai dayaguna yang tinggi ?
2.Bagaimana mengukur atau mendemontra-sikan dayaguna (usability) suatu sistem interaktif ?

* Dua pendekatan untuk menjawab pertanyaan/ masalah di atas:

Paradigma : Sistem interaktif yang berhasil /sukses pada umumnya diyakini akan mening-katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.

Prinsip : Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem tersebut.

JENIS PARADIGMA

1. Time-Sharing
2. Video Display Units (VDU)
3. Programming Toolkits (Alat Bantu Pemrograman)
4. Komputer Pribadi (Personal Computing)
5. Sistem Window dan interface WIMP (Windows, Icons, Menus and Pointers)
6. Metapora (Metaphor)
7. Manipulasi Langsung (Direct Manipulation)
8. Bahasa vs. Aksi (Language versus Action)
9. Hypertext
10. Multi-Modality
11. Computer-Supported Cooperative Work (CSCW)

PRINSIP YANG MENDUKUNG PENDAYAGUNAAN

Learnability : kemudahan yang memungkin-kan user baru berinteraksi secara efektif dan dapat mencapai performance yang maksimal

Flexibility : menyediakan banyak cara bagi user dan sistem untuk bertukar informasi

Robustness : tingkat dukungan yang diberi-kan agar user dapat menentukan keberhasil-annya atau tujuan (goal) yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar